FH UNPAD Selenggarakan Pelatihan Sosio Legal ATTRACT bagi Tenaga Pendidik

Oleh: Humas FH UNPAD

Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran bekerja sama dengan Asosiasi Studi Sosio-Legal Indonesia (ASSLESI) mengadakan pelatihan Sosio-Legal “Introductory to Advanced Training of Trainers in the Application of the Socio Legal Approach (ATTRACT)” untuk para tenaga pendidik selama 2 (dua hari), bertempat di Kampus Magister Kenotariatan Lt. 3, Rabu-Kamis (6-7/07/2022).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk membantu para pengajar hukum dalam menerapkan pendekatan sosio-legal dalam pengajaran dan penelitian hukum. Saat ini, pendekatan sosio-legal dalam bidang ilmu hukum semakin menguat seiring meningkatnya kebutuhan untuk menghubungkan pengajaran hukum dengan kebutuhan reformasi hukum serta pelindungan hukum dan HAM bagi masyarakat.

Pelatihan tersebut dibuka secara resmi oleh Dr. Maret Priyanta, S.H., M.H. selaku Wakil Dekan Bidang Sumber Daya dan Organisasi dan dihadiri oleh 4 (empat) narasumber, diantaranya: Fachrizal Affandi, S.Psi., S.H., M.H., Rival Ghulam Ahmad, S.H., LL.M., Dr. Theresia Dyah Wirastri, S.H., M.A., Ph.D., dan Dr. Dian Rositawati.

Pada hari pertama, para narasumber menyampaikan materi mengenai Pendekatan multidisipliner dalam penelitian hukum dan pendekatan Sosio-Legal Studies (SLS); paradigma pendekatan penelitian; dan pluralisme hukum. Kemudian, pada hari kedua, materi yang disampaikan mengenai teknik pengumpulan data dalam penelitian sosio-legal; penyusunan proposal penelitian sosio-legal; dan refleksi metodologi, tips and tricks dalam melakukan penelitian dan penulisan laporan.

Melalui pelatihan sosio-legal ini, diharapkan para tenaga pendidik mengenal dan memahami pendekatan sosio-legal yang pendekatan tersebut menjadi pendekatan alternatif dalam melihat hukum dari perspektif interdisipliner, yang dapat diterapkan dalam pengajaran dan penelitian hukum di Indonesia. Dalam konteks inilah peran pendidikan hukum menjadi penting untuk memperkenalkan kajian sosio-legal kepada para calon sarjana hukum.

Sumber: https://fh.unpad.ac.id/en/fh-unpad-selenggarakan-pelatihan-sosio-legal-attract-bagi-tenaga-pendidik/

Share Post Ini :

Twitter
Telegram
WhatsApp

Artikel Dan Berita Terkait

Gandeng Empat Kampus, FH UB Perluas Jejaring Kajian Sosio-legal di Indonesia

Oleh: Agus Sahbani Bertempat di auditorium Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (FH UB) Malang pada 10...

Memahami Ulang Ragam Pendekatan Riset Hukum

Oleh: Normand Edwin Elnizar Secara garis besar, pendekatan riset hukum terbagi dalam dikotomi yang bersifat doctrinal dan...

LOG IN

Belum Join Member? Klik tombol dibawah